Follow Us

11 Cara Mempercepat HP Android Lemot, Jangan Buru-buru Ganti HP Baru!

None - Jumat, 02 Juli 2021 | 21:28
Ilustrasi HP Android lama seperti Meizu M6 dan Xiaomi Redmi Note 5A
Nextren

Ilustrasi HP Android lama seperti Meizu M6 dan Xiaomi Redmi Note 5A

Nextren.com - Sebagai pengguna smartphone yang intensif seharian, tentu saja kalian akan sering bertemu kondisi kinerja HP Android yang lemot.Ya memang kinerja sebuah HP Android akan semakin lambat seiring intensifnya dan lamanya waktu pemakaian. Tentu saja hal ini terasa mengganggu, biki kesal dan mungkin membuat kalian ingin segera ganti HP terbaru.Apalagi vendor sering merilis tipe-tipe HP Android terbaru yangg makin canggih dan lengkap, dengan harga menggoda.Namun tentu saja kalian tidak harus mengganti HP Android terbaru, yang butuh dana cukup besar.

Baca Juga: Cara Mudah Mengganti Screensaver TV Android Dengan Foto KeluargaApalagi sebenarnya HP Android lama kalian masih bisa dirawat agar kinerjanya membaik lagi.Inilah 12 trik agar HP Android lama tidak lemot lagi. 1. Pakai aplikasi Files untuk bersihkan dataAplikasi Files buatan Google ini bisa dipakai untuk membersihkan beragam file atau dokumen "sampah" yang tidak diperlukan lagi oleh ponsel. Sehingga beban media penyimpanan ponsel (storage) akan semakin ringan dan performa pun kemungkinan akan meningkat.

Untuk membersihkan ponsel, pengguna cukup membuka aplikasi Files, mengunjungi tab "Clean" dan klik tombol "Clean" di bagian "Junk files". Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membersihkan aneka foto atau video yang tidak dibutuhkan, file yang sudah diunduh, hingga aneka file berukuran besar untuk memperluas storage perangkat.

Ilustrasi aplikasi Files, laman Settings untuk mencopot aplikasi Android, dan laman pembaruan OS.
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Ilustrasi aplikasi Files, laman Settings untuk mencopot aplikasi Android, dan laman pembaruan OS.

2. Hapus aplikasi yang tidak terpakai Performa ponsel bisa ditingkatkan dengan menghapus beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai. Pasalnya aplikasi tersebut juga memenuhi storage dan ruang pemrosesan (RAM) dalam ponsel. Artinya, aplikasi tersebut punya andil dalam membebani kinerja.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Cek Nomor IndiHome Saat Ingin Bayar Paket WiFiPenghapusan aplikasi biasanya bisa dilakukan dengan meng-klik dan menahan (hold) ikon aplikasi terkait selama beberapa detik dan Anda bisa meng-klik tombol "Uninstall".

Jika aplikasi yang ingin dihapus merupakan aplikasi sistem dan tidak bisa di-uninstall, biasanya Anda tetap bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memakan memori.

Caranya, masuk ke "Settings" > "Apps" dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung saja pilih dan klik tombol "Disable" untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.

3. Perbarui OS secara berkala Pastikan ponsel Android yang Anda pakai sudah diperbarui (update) ke sistem operasi (OS) versi terbaru. Biasanya, OS terbaru juga akan meningkatkan performa ponsel. Langkah untuk memperbarui OS bervariasi tergantung pembuat ponselnya. Namun, biasanya Anda bisa meng-update OS dengan cara masuk ke menu "Setting" > "About device" > dan "Software update". Lalu, klik tombol "Check for updates". Bila menemukan pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda. Biasanya, selain memperbaiki kinerja, pembaruan ini juga berisi bermacam fitur baru.

Baca Juga: Cara Mudah Backup dan Restore Game di Platform Steam Agar Aman!Hal yang sama juga berlaku pada aplikasi yang terpasang di ponsel. Usahakan untuk selalu memperbaruinya agar kinerja aplikasi tersebut tetap kencang. 4. Memasang aplikasi versi "Lite" Aplikasi yang cukup populer, seperti Facebook, Line, TikTok, dan lain sebagainya biasanya memiliki versi yang lebih ringan alias "Lite" untuk mengakomodir ponsel yang memiliki hardware minim.

Ilustrasi aplikasi Facebook Lite, Nova Launcher, dan tampilan untuk restart ponsel Android.
(KOMPAS.com/BILL CLINTEN)

Ilustrasi aplikasi Facebook Lite, Nova Launcher, dan tampilan untuk restart ponsel Android.

Nah, Anda bisa memakai aplikasi versi Lite ini dengan mengunjungi laman resmi pengembangnya masing-masing di Google Play Store. Caranya adalah dengan membubuhkan kata kuncu "Lite" di akhir aplikasi yang diinginkan, misalnya "Facebook Lite", "TikTok Lite", dan lain sebagainya.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular