Follow Us

SigFox Perkenalkan Low Powered IoT Dengan Listrik Kecil dan Bisa Dipantau Dari Jauh

Wahyu Subyanto - Rabu, 13 November 2019 | 19:43
Salah satu contoh produk Low Powered IoT dari Sigfox
Electronics Weekly

Salah satu contoh produk Low Powered IoT dari Sigfox

Nextren.com – Sebelum era data makin maak dan makin dekat dengan masyarakat, maka tren selanjutnya adalah penerapan Internet of Things (IoT).

Operator besar di Indonesia seperti Telkomsel, XL dan Indosat kini sudah membentuk divisi baru untuk mengurusi dan mengambangkan IoT di Indonesia.

Hari ini di Jakarta (13/11) Sigfox, perusahaan penyedia jaringan Internet of Things (IoT) yang berasal dari Perancis, melalui Sigfox Indonesia memperkenalkan konsep IoT 0G (zero G) yang tepat guna bagi Indonesia yang memiliki sebaran wilayah sangat luas.

Sigfox telah beroperasi di lebih dari 65 negara yang saling terhubung dalam jaringan IoT global.

Menjawab tantangan penerapan IoT untuk Industri Indonesia 4.0 Dalam mendukung adopsi penggunaaan IoT di Indonesia, Sigfox membawa konsep jaringan IoT 0G (Zero G) untuk memberikan solusi atas tiga hambatan terbesar dalam adopsi IoT, yaitu masalah biaya, konsumsi energi serta pilihan teknologi yang digunakan.

Baca Juga: Kenyang Kerja di 16 negara, Yudhi Rahadian Bikin Perusahaan Konsultan IoT dan 5G di Jerman

Sigfox menggabungkan utilisasi perangkat sensor dan jaringan yang berdaya rendah namun memiliki jangkauan luas, teknologi yang sederhana serta biaya pemeliharaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Dalam mendukung program pemerintah ‘Making Indonesia 4.0’ dan meningkatkan daya saing di era Industri 4.0, Sigfox Indonesia akan membangun jaringan 0G (Zero G) low powered IoT yang dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia hingga ke pelosok daerah.

Menurut Irfan Setiaputra, CEO Sigfox Indonesia saat ini yang menjadi tantangan dalam penerapan IoT di Indonesia adalah pemahaman mengenai penggunaan dan manfaat IoT dan tentunya biaya dan sumberdaya serta kapabilitasnya.

Banyak pihak yang menggunakan istilah IoT hanya sebagai bukti transformasi digital tanpa memahami betul seluruh ekosistem yang harus dicermati.

Baca Juga: Intelligent Tank Monitoring System, Solusi IoT Telkomsel Pantau Bahan Bakar Real-Time

Irfan ingin semua lapisan masyarakat dapat menggunakan teknologi ini dengan lebih efektif dan efisien.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest