Qualcomm Indonesia Jelaskan Arti 's' di Penamaan Snapdragon 8s Gen3

Rabu, 19 Juni 2024 | 11:30

Senior Manager Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto menjelaskan tentang arti huruf 's' pada penamaan chipset Snadpragon 8s Gen 3

nextren.com – Qualcomm Indonesia baru-baru ini mengungkapkan makna dari penamaan prosesor terbaru mereka, Snapdragon 8s Gen3.

Penjabaran ini dilakukan dalam workshop yang merupakan kolaborasi antara Qualcomm Indonesia dan Poco Indonesia, mengingat chipset tersebut akan menjadi dapur pacu utama dari perangkat POCO F6.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Dominikus Sussanto, Senior Manager Qualcomm Indonesia, huruf "s" yang ditambahkan pada penamaan seri ini ternyata memiliki arti penting dalam klasifikasi kinerja dan fitur dari prosesor tersebut.

Arti 's' di Snapdragon 8s Gen 3

Dominikus memulai penjelasannya dengan memberikan gambaran umum tentang sistem penamaan Snapdragon yang digunakan oleh Qualcomm.

"Nah kalau sekarang kita ada lihat ada plus, ada polos, ada S. Nah ini saya ambil contoh aja seri 7 ya. Bukan hari ini kita ngomong Snapdragon seri 7. Tapi ini contoh aja. Jadi saat ini untuk klasifikasi yang dalam seri yang sama, generasi yang sama, kita bisa melihat ini," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam satu generasi prosesor, ada beberapa versi yang berbeda berdasarkan kinerja dan fitur yang ditawarkan.

"Kalau untuk yang biasanya polos, enggak ada plus, enggak ada S, itu yang umum. Tapi kalau ada versi yang lebih kencengnya itu namanya plus, tapi kalau ada S berarti yang versi di bawahnya. Jadi jangan bingung, 7 yang polos itu di tengah, kalau ada plus itu yang tinggi. Kalau ada S itu yang rendahnya, di bawahnya. Jadi dalam 1 generasi, ini ranking-nya," jelas Dominikus.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa konsep ini kini mulai diterapkan pada seri Snapdragon 8.

"Kalau untuk seri 8 sendiri ya, jadi ini mulai di expand ya di ekspansi. Mungkin dulu pernah Snapdragon 8+ Gen 1. Nah sekarang ada Snapdragon S, tapi kita harus lihat dalam generasi yang sama ya, dalam generasi ke-3. Konteksnya kali ini adalah 8S Gen 3," katanya.

Snapdragon 8s Gen 3

Baca Juga: POCO Pad Debut Global dengan Layar Besar, Performa Ngebut, & HyperOS

Dominikus juga menekankan bahwa Snapdragon 8s Gen3 dirancang untuk menjadi versi yang lebih terjangkau namun tetap memberikan fitur-fitur optimal yang paling dibutuhkan oleh sebagian besar pengguna.

"Kalau yang udah ada, paling baru Snapdragon 8 Gen 3, nah ini dibuat versi lebih terjangkau tapi tetap memberikan fitur-fitur yang optimal, yang paling kenceng juga dan fitur-fitur yang sangat digunakan oleh sebagian besar orang. Jadi enggak semuanya dikasih, mungkin ada yang tak perlu, fitur-fitur tertentu dipilih jadi ini fitur-fitur ini paling banyak penggunanya yang paling dibutuhkan itu ada di Snapdragon 8s Gen3," tambahnya.

Dengan adanya klasifikasi yang jelas ini, diharapkan konsumen dapat lebih mudah memahami dan memilih prosesor yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Snapdragon 8s Gen3 hadir sebagai opsi yang lebih ekonomis tanpa mengorbankan performa dan fitur-fitur esensial, menjadikannya pilihan yang menarik bagi pengguna yang mencari keseimbangan antara harga dan kualitas.

Baca Juga: Telah Rilis Global, Ini 3 Fitur POCO F6 Dengan Snapdragon 8S Gen3

Akan Hadir di POCO F6

Menariknya, chipset Snapdragon 8s Gen3 ini telah hadir secara global perdana di POCO F6, perangkat flagship terbaru dari POCO.

POCO F6 akan segera hadir di Indonesia menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8s Gen3

Perangkat ini dijadwalkan akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Kehadiran chipset ini pada POCO F6 membawa sejumlah fitur unggulan yang akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Beberapa fitur tersebut antara lain konektivitas yang handal, kemampuan AI yang tinggi, sistem audio yang didukung oleh Snapdragon Sound, serta fitur gaming yang ditingkatkan melalui Snapdragon Elite Gaming.

Penjelasan dari Qualcomm Indonesia ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana perusahaan tersebut mengatur dan menamai produk-produk mereka, serta bagaimana mereka terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin beragam.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penamaan prosesor Snapdragon, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih tepat saat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya