Qualcomm Kenalkan Snapdragon X Series & Laptop Copilot+ di Computex

Kamis, 06 Juni 2024 | 18:36

Qualcomm memperkenalkan chip Snapdragon X series yang akan hadir di sejumlah laptop Copilot+

Nextren.com – Qualcomm menggebrak panggung Computex 2024 dengan peluncuran inovatif mereka, "The PC Reborn," yang menampilkan Snapdragon X Series dan Copilot+ PC.

Cristiano Amon, Presiden dan CEO Qualcomm, memimpin acara ini bersama dengan tokoh-tokoh utama dari Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, Microsoft, dan Samsung.

Mereka bersama-sama mengungkapkan masa depan industri PC yang kini ditenagai oleh teknologi AI mutakhir.

Dalam keynote-nya, Amon menyoroti bahwa Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus merupakan pendorong utama di balik Copilot+ PC.

Perangkat ini tidak hanya menawarkan performa tak tertandingi, tetapi juga daya tahan baterai yang mampu bertahan selama berhari-hari.

Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan NPU (Neural Processing Unit) yang secara signifikan meningkatkan efisiensi daya dan kinerja.

"Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem," kata Amon.

Ia juga menegaskan bahwa Qualcomm Technologies, bersama para mitranya, berkomitmen untuk mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan mendorong inovasi di seluruh industri.

NPU dalam Snapdragon X Series menjadi elemen kunci yang membedakan perangkat ini dari kompetitornya.

Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, Snapdragon X Elite mampu memberikan kinerja hingga 2,6 kali lebih baik dibandingkan M3 dan 5,4 kali lebih baik dibandingkan Core Ultra 7, sambil tetap mempertahankan efisiensi daya yang luar biasa.

Selain itu, CPU Qualcomm Oryon™ yang terintegrasi dalam Snapdragon X Elite juga memberikan peningkatan performa yang signifikan, dengan kecepatan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dibandingkan pesaingnya, serta mampu menyamai performa puncak CPU PC lain dengan daya 65% lebih rendah.

Baca Juga: Acer Perkenalkan Swift AI Dengan Chip Snapdragon X Series Terbaru

Sejumlah produsen laptop ternama menghadirkan sejumlah laptop Copilot+ dengan chip Snapdragon X Series

Acara ini juga dihadiri oleh para eksekutif dari berbagai perusahaan teknologi terkemuka yang menunjukkan dukungan penuh mereka terhadap inovasi Qualcomm.

Lebih dari 20 model Copilot+ PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus sudah dapat dipesan terlebih dahulu dan akan tersedia untuk pembelian langsung mulai 18 Juni 2024.

Baca Juga: Dukung Kinerja Copilot, Qualcomm Rilis Chip Snapdragon X Elite & Plus

(*)

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya