Game Lokal Lokapala Jadi Diplomasi Budaya Indonesia - India

Kamis, 16 Mei 2024 | 09:59
Lokapala

Lokapala di India Gaming Show 2024 yang menjadi diplomasi budaya dan ekonomi antara Indonesia dan India

Nextren.com -Dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan India pada tahun 2024, Perwakilan RI di India memperkenalkan inisiatif kolaboratif yang menarik di International India Gaming Show 2024 (IGS 2024).

Saat acara tersebut berlangsung, perusahaan game Anantarupa Studios beserta permainan unggulannya, "Lokapala", menjadi pusat perhatian yang mengukuhkan peran vital dalam diplomasi ekonomi dan budaya antara kedua negara.

Baca Juga: Kompetisi & Kegiatan Kepemudaan Tingkat Pelajar, Ksatriya Mahardhika Resmi Digelar

Anantarupa Studios menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA) dengan JIO Games India untuk menjajaki kemitraan strategis dalam penerbitan lisensi "Lokapala".

JIO Games merupakan anak perusahaan dari JIO World Ecosystem, yang terkait erat dengan Reliance Industries Group yang dimiliki oleh Mukesh Ambani, figur terkemuka dalam dunia bisnis India.

Tindakan penandatanganan NDA ini tidak hanya memperlihatkan pencapaian penting bagi industri game Indonesia, tetapi juga menandai langkah monumental dalam memperkuat hubungan bilateral antara RI dan India.

"Lokapala" sendiri merupakan sebuah game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) yang diproduksi di Indonesia, menjadi satu-satunya game MOBA dari kawasan Asia Tenggara.

Game ini juga menonjolkan keunggulannya dengan konten budaya Nusantara yang memperkenalkan berbagai karakter dari sejarah, mitologi, dan budaya Indonesia serta beberapa karakter dari Asia lainnya, sehingga memperkuat jalinan antar bangsa melalui filosofi kepemimpinan "Astabratha" yang tertuang dalam medium esports.

Kehadiran Ivan Chen, CEO Anantarupa Studios, menjadi sorotan utama dalam acara tersebut. Dengan penuh semangat, beliau menjelaskan potensi "Lokapala" dalam industri esports yang sedang berkembang di India.

Konsul Jenderal RI Mumbai juga menyampaikan pesan bahwa industri konten kreatif, khususnya industri game, memiliki peran penting sebagai instrumen soft power dalam memperkuat diplomasi ekonomi, budaya, dan koneksi antar generasi muda di masa depan.

Upaya kolaboratif dari Tim Perwakilan RI di India di acara IGS 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mempererat hubungan RI-India yang sudah memasuki peringatan 75 tahun hubungan diplomatik, dengan mengakui urgensi game dan esports sebagai wahana kontemporer untuk memperkuat daya tarik soft power Indonesia serta strategi ekspor untuk industri game Indonesia.

Konsul Jenderal RI Mumbai menekankan peran penting Anantarupa Studios dalam memperkuat kohesivitas bilateral antara Indonesia dan India melalui industri game.

Ivan Chen juga menegaskan komitmen Anantarupa Studios untuk terus mendukung diplomasi ekonomi dan budaya antara kedua negara.

Melalui kesuksesan ini, Anantarupa Studios membuktikan bahwa industri game Indonesia tidak hanya memiliki potensi besar di pasar lokal, tetapi juga mampu bersaing dan berkembang di pasar internasional.

Kolaborasi ini juga menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki kapasitas besar dalam industri kreatif global, yang dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di masa depan. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya