VoLTE XL Axiata Ada di 13 kota di Akhir 2020 dan Kestabilan YouTube Live 17 Jam

Selasa, 18 Agustus 2020 | 15:32
Techlicious

Ilustrasi menelepon

Nextren.com - Bicara penggunaan data dari operator seluler, tak hanya bisa digunakan untuk browsing, streaming atau bergaul di sosial media.

Namun ada teknologi baru yang bisa diadopsi jaringan 4G yaitu VoLTE.

Melengkapi layanan digital dengan teknologi terbaru, jaringan XL Axiata juga sudah melayani layanan Voice over LTE (VoLTE).

Untuk tahap awal saat ini, jaringan XL Axiata siap mendukung layanan VOLTE di wilayah Jakarta dan Medan.

Baca Juga: Ini Hape yang Mendukung Teknologi VoLTE dan Bikin Suara Makin Jernih

Selanjutnya, XL Axiata akan terus memperluas ke area lainnya seiring dengan penyiapan jaringan infrastruktur pendukungnya.

Untuk kesiapan jaringan mendukung layanan VoLTE ini, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson dan Huawei sebagai mitra teknologi untuk jaringan radio dan core. VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data 4G LTE (Long Term Evolution).

Dengan VoLTE layanan voice menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih.

Baca Juga: Ingin Geser Pelanggan 2G/3G ke 4G, Layanan VoLTE Telkomsel Diperluas

Selain itu, kecepatan sambung diklaim menjadi sangat singkat.

Oleh karena itu, mereka optimis layanan VoLTE akan bisa menjadi fitur layanan percakapan pilihan pelanggan. Menurut Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangannya kepada Nextren (18/8), secara bertahap, hingga akhir tahun 2020 ini layanan VoLTE XL Axiata akan ada di 13 kota yang kemudian akan terus diperluas.

Jaringan yang dimiliki diklaim telah memenuhi kriteria kualitas yang ditetapkan untuk menggelar layanan VoLTE, baik dari sisi radio, transport, dan juga core.

Baca Juga: Cara Mudah Hindari Telepon Spam, Telemarketer dan Teror DebtCollector Ala Pakar Virus

XL
XL

layanan VoLTE XL Axiata

Optimasi jaringan VoLTE juga telah dilakukan untuk memastikan semua fitur utama dapat dijalankan, seperti antara lain layanan VoLTE to VoLTE, VoLTE to non-VoLTE (layanan suara 2G dan 3G) dan sebaliknya, termasuk juga layanan Video over LTE (ViLTE).” Pada tahap awal ini layanan VoLTE didukung oleh lebih dari 3.000 BTS 4G yang tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Medan.

Saat ini sedang disiapkan BTS-BTS di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya.

Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, perlu dilakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Baca Juga: Aplikasi Terbaru Facebook CatchUp, Bisa Dipakai Telepon 8 Orang Bersamaan

17 Jam YouTube Live Untuk menguji kesiapan jaringan data XL Axiata dalam mengakomodir berbagai jenis layanan data digital, diselenggarakan pencatatan rekor Siaran Langsung Perayaan Kemerdekaan Melalui Kanal Youtube Terlama, selama 17 jam.

Angka 17 merujuk pada tanggal 17 Agustus sebagai Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Rekor ini selanjutnya akan tercatat dalam daftar Museum Rekor Indonesia. Acara ini merupakan cara XL Axiata untuk menguji kualitas jaringan data internet miliknya.

Dengan video live streaming non-stop selama 17 jam, kualitas jaringan mereka mampu menopang layanan yang berat seperti video streaming dalam durasi waktu yang sangat panjang.

Baca Juga: Lebih dari 3 Miliar Penduduk Dunia Main Game, Asia Mendominasi

Bukan saja tidak terputus, namun juga kualitas gambar dan suara yang jernih.

Selain itu, dalam durasi 17 jam tersebut, juga ada live streaming yang dilakukan mereka yang berada di area terpencil meliput upacara perayaan 17 Agustus, untuk membuktikan juga luasnya jaringan 4G mereka. Selama 17 jam tersebut, sejumlah agenda dilaksanakan secara live streaming. Mulai dari talkshow, musik performance, pertandingan e-sport, standup comedy, hingga tayangan kulineran, termasuk juga penyerahan sertifikat rekor MURI untuk XL Axiata. Selain rekor tersebut, rekor baru juga dicatat berupa Kompetisi Foto Nuansa Kemerdekaan Terbanyak Melalui Instagram, sebanyak 4.880 twibbon, sebagai bentuk dukungan terhadap tema Perayaan Kemerdekaan ke-75 yaitu Indonesia Maju.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya