Akun Parodi di Twitter, Mulai dari InfoIndomaret hingga CenayangFilm

Selasa, 19 Januari 2016 | 14:35
Twitter

Twitter @InfoIndomaret

Orang tua dulu mengenal komedi situasi atau "sitkom" dari radio. Tahun-tahun selanjutnya, sitkom jadi konsumsi masyarakat era televisi.

Kendati berubah platform, konsep sitkom selalu sama: memotret guyonan keseharian yang terbangun dari percakapan dan konflik antar tokoh.

Hari ini, di era media sosial, sitkom pun masuk ke ruang maya lewat akun-akun parodi di Twitter. Walau basisnya teks -bukan audio atau visual-, guyonan akun-akun anonim tak kalah menghibur. Kali iniNextreningin merekomendasikan empat akun parodi Twitter yang wajib kamu follow.

1. @InfoIndomaret

Tak butuh waktu lama bagi akun parodi ini untuk jadi viral. Pertama kali berkicau pada 3 Januari 2016, kini followers @InfoIndomaret sudah lebih dari 14 ribu.

Sesuai namanya, akun ini memparodikan keseharian yang terjadi di minimarket Indomaret. Gaya bahasa dalam berkicau dibuat apa adanya sehingga netizen merasa benar-benar menyaksikan komedi situasi di Indomaret.

Ada Ririn yang suka curhat, Pak Indra yang galak, Yadi yang doyan telat, Tuti yang cutinya lama, dan Deni yang baru belajar main Twitter.

"Yadi lagi dimarahin Pak Indra karena datang telat," kata salah satu tokoh pada akun @InfoIndomaret.

"Bang Iyan ada orang Sari Roti nyetok," kata tokoh lainnya seakan sedang menyuruh Iyan meladeni pegawai Sari Roti.

Tak lupa, tokoh-tokoh di @InfoIndomaret juga menginformasikan berbagai promo barang. Nama merek tak pernah ditulis benar, tapi netizen akan mengerti karena begitulah pelafalan sehari-harinya. "Sampo pentin dari harga Rp 37.900 jadi 29.900," misalnya.

2. @KFCAyamnyaJago

Sejak dari slogan terbalik -seharusnya "KFC Jagonya Ayam"-, netizen diharapkan sudah tahu @KFCAyamnyaJago adalah akun parodi. Pun begitu, nyatanya tetap ada yang mengira akun tersebut adalah akun resmi KFC Indonesia.

@KFCAyamnyaJago pun berkicau, "Perhatian, akun ini adalah akun Pak Rodi yah, kalau akun Bu Rodi ada di sebelah, yang nanggepin serius tweet di sini, berarti kamu butuh piknik."

Akun ini tak terlalu kuat membangun karakter tokoh layaknya @InfoIndomaret. Followers-nya juga lebih sedikit, masih 900-an. Kekuatannya lebih menonjol pada kicauan-kicauan satire berbalut guyonan.

"Kita sih sering didatengin artis-artis yang CD-nya kita jual, nggak kayak toko sebelah yang artisnya nggak pernah datang ke toko," kata sang admin.

"Ada kastemer kedinginan dan minta AC-nya dimatiin. Yaelah mas, kalau nggak kuat sama AC, makan di @AyamSabanna aja, di sana cuma pakai kipas godek," kicaunya lagi.

3. @startupwati

Akun parodi ini melulu membahasstartup. Mulai dari suka-duka mendirikan startup, problematika startup, pendanaan startup, dan beberapa kritik dengan tone guyonan.

Karena spesifik, akun parodi ini pun viral di kalangan tertentu saja. Walau tak sepopuler @InfoIndomaret, @Startupwati lebih komunikatif menanggapi pertanyaan dan pernyataan followers-nya.

Coba saja mention akun tersebut dengan pernyataan atau pertanyaan berbau startup, besar kemungkinan sang admin akan membalas.

Contohnya bisa dilihat pada percakapan maya antara pendiri Kibar Yansen Kamto, editor Addiction.id Aulia Masna, dan @startupwati berikut ini.

"BREAKING: Gue lihat akun @startupwati di twitter app @wikupedia," kata Yansen lewat akun @yansenkamto.

@startupwati pun me-retweet kicauan tersebut. Berselang beberapa saat Aulia Masna menimpali lewat akun Twitter @amasna.

"Tahu-tahu startupwati itu Yansen," kata dia yang juga di-RT @startupwati.

Setelahnya, @startupwati angkat bicara. "Semua aja pada ngaku-ngaku," kata dia.

4. @CenayangFilm

Dari keempat akun yang Nextren rekomendasikan, @CenayangFilm adalah akun parodi tertua. Didirikan sejak Maret 2013, akun ini telah diikuti lebih dari 20 ribu netizen.

Seperti namanya, bahasan @CenayangFilm pun spesifik seputar film dengan berbau candaan. Misalnya terkait kualitas film, penganugerahan film, sutradara film, serta pemain-pemain film.

"Dan ada nama JJ Abrams lagi...Laku berats doi. Pasti mau naik haji. Haji JJ," kata si admin.

Para followers @CenayangFilm juga kerap menyanyakan opini sang admin tentang hal-hal berbau film dengan panggilan akrab "Mbah". @CenayangFilm pun akan membalas dengan menyebut diri sebagai "Mbah". Misalnya saja pada percakapan berikut ini.

"@CenayangFilm Mbah kalau buat dating, mending the big short apa the forest?" kata akun @lutfiankdrsmn.

@CenayangFilm pun membalas, "the forest...biar ada kaget bareng."

Nah, itu dia empat akun parodi yang layak kamu ikuti supaya terhibur di manapun dan kapanpun. Punya usul akun parodi lain yang sama menghibur?

Tag :

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya